Mobil Atau Sepeda Motor?


Sepeda motor & mobil, dua konsep alat transportasi yang punya nilai esensi tidak sinkron. Keduanya sulit disatukan, seiring menggunakan banyaknya perdebatan soal yg terbaik antara kedua kendaraan tersebut. Ada yg bilang sepeda motor lebih simpel, ada jua yg menganggap mobil lebih mumpuni soal keamanan & kenyamanan. Perdebatan yang tidak berujung.
Nah, mari sejenak kita tinggalkan debat kusir tersebut sembari membuka mata lebar melihat Snaefell Laverda Sidecar. Ya, karena yg satu ini adalah gugusan ciamik antara Sepeda Motor & Mobil sekaligus pada satu tunggangan! Penasaran?

Coba Tebak, Ini Mobil atau Sepeda Motor?
Coba tebak, ini motor atau kendaraan beroda empat?

Adalah Francois Knorreck, pria berkebangsaan Perancis yang selalu ingin membuat hal baru yang terlintas pada pikirannya. Namun, Kali ini idenya sangat gokil (malah sanggup dibilang gila), karena Knorreck mencoba buat menggabungkan motor & kendaraan beroda empat sekaligus!
Semua dimulai tahun 1993, Saat Francois Knorreck coba buat modifikasi Laverda 3CL kesayangannya menjadi sosok Sidecar (motor dengan span tambahan untuk penumpang). Tapi sayangnya, sidecar tampaknya terlalu simple buat Pria asal Perancis tersebut – lalu ia putuskan buat mengkustom “Sidecar” nya, menjadi “Car” alias kendaraan beroda empat.


Ini merupakan Snaefell Laverda Sidecar!

Pengerjaan inspirasi yang cukup gokil tadi tentunya bukan hal yang gampang lho Sobat UCers. Dibutuhkan poly donasi teknisi, banyak modal modifikasi (konon menghabiskan budget sampai €15.000 atau lebih kurang Rp. 225 jutaan), & membutuhkan 10 tahun masa pengerjaan. Ya, 10 tahun!
Yang lebih bikin greget lagi, Ternyata proyek yang dinamakan Snaefell tadi nggak cuma berasal jadi semata loh Brosist. Karena Knorreck pula menginginkan karya nya tersebut mampu dikendarai pada jalanan, plus menggunakan part & material yang sangat berkelas! Mulai dari penggunaan carbon fiber, sampai limbahan sparepart dari mobil sport kenamaan layaknya Audi, BMW, Renault, Citroen & VW.


Basic mobilnya adalah kombinasi gado-gado dari sportcar Eropa

Basic motornya diambil berdasarkan Laverda Classic

Hasilnya? Luar biasa! Sebuah konsep gabungan antara sepeda motor & kendaraan beroda empat yang menakjubkan. Basis sepeda motornya (Laverda 3CL) diberikan sentuhan body anyar menggunakan bahan Carbon Fiber. Lampu depannya memakai Kawasaki GPZ1000RX, buritan nya memakai replika ala Honda NR750 yang merupakan keliru satu motor paling eksotis pada global.
Sementara itu, suspensi depan, swingarm & suspensi belakangnya dikustom sendiri menggunakan material alumunium alloy supaya ringan dan lebih mudah dikendarai meskipun memakai sidecar yang memang cukup berat.


Gokil abis deh!

Pintu ala Lambo, yay!

Beralih ke bagian kendaraan beroda empat, interiornya dibentuk secara handmade menggunakan bahan premium ala kendaraan beroda empat sport yg bisa menampung dua orang sekaligus. Beberapa majalah kenamaan luar negeri bahkan pernah menulis finishing pada Snaefell Laverda Sidecar ini setara dengan OEM pabrikan! Sementara itu, eksteriornya mengusung bahan full serat karbon yang dilapis cat merah ala produk ferrari.